Siapa yang tidak mengenal kondisi jalan di Subang menuju Tangkuban Perahu. Seorang teman mengatakan bahwa, “di situ tempatnya mobil ngeden alias enggak kuat menanjak. Apalagi motor. Hati-hati aja, bro.” Diakui, perjalanan itu menguras tenaga dan konsentrasi. Pasalnya, jalan yang menanjak itu sangat tinggi dan panjang. Apalagi peserta touring Enduro 4T Tangkuban Perahu Tour 2006 harus berjalan dalam formasi dan kecepatannya tidak lebih dari 60 km per jam. Ini memang rute yang cocok untuk menguji keandalan mesin. Dan di sini Enduro 4T diuji oleh seluruh anggota PMC. Dalam kondisi jalan seperti itu, mesin sepeda motor tetap stabil. Dan yang paling utama, kami semua terbebas dari slip kopling. Padahal untuk beberapa jenis sepeda motor, kondisi jalan seperti ini rawan terjadi slip kopling.
Rombongan pun tiba di depan gerbang Tangkuban Perahu. Sejenak teringat ucapan seorang kawan, “waktu saya bawa motor ke atas, jalannya menanjak, tinggi, dan panjang. Motor rasanya seperti ditarik dari belakang alias susah naik.” Sempat merinding juga sambil bertanya di dalam hati, “bisa naik gak ya?”
Jalan yang kami pilih untuk menuju kawah Tangkuban Perahu ternyata kondisinya kurang bersahabat. Jalan menanjak dan berlubang. Wah kalau begini ceritanya, motor bisa mati di tengah jalan, pikir kami. Tapi mendadak pikiran itu hilang saat kami mencoba memacu gas mendaki jalan terjal itu. Jalan mendaki, rusak, dan berliku pun dilewati dengan sukses oleh rombongan Pertamina Motor Club. Sekali lagi, Enduro 4T terbukti ketangguhannya.
Tips seputar touring:
- Persiapkan kendaraan dan alat keselamatan anda dan pastikan semuanya dalam kondisi prima.
- Perhatikan surat-surat kendaraan dan izin jalan dari kepolisian. Dan patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.
- Untuk kondisi di Indonesia, bikers tentunya membutuhkan pelumas yang telah teruji dan sesuai dengan karakteristik alam Indonesia. Makanya disarankan untuk mencari pelumas yang memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi.
Selain itu, oli juga berpengaruh terhadap kinerja kopling. Jangan sampai lagi enak mengendarai sepeda motor kesayangan waktu touring tiba-tiba koplingnya slip. Ini yang paling nyebelin. Makanya, oli yang diperlukan bikers harus menjamin anti slip kopling. Enduro 4T teruji. - Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bikers butuh pelumas yang tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi oleh radiasi panas mesin.
- Lebih jauh lagi, bro semua perlu pelumas yangf mampu menjaga kebersihan mesin dari korosi dan keausan dan mampu meningkatkan akselerasi prima. Jadi besutan bro semua bisa meluncur halus dan semua komponen motor utamanya kopling dan rangkaian gear transmisi jauh lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba.
1 komentar:
Mana Cerita Touring PMC yang lain-a bro ??
Posting Komentar